Penatalaksanaan Disfungsi Seksual

Penatalaksanaan Disfungsi Seksual  – Disfungsi seksual adalah gangguan pada salah satu atau lebih aspek fungsi seksual. Hal ini membuat ketidakmampuan untuk menikmati secara penuh ketika berhubungan seks. Disfungsi seksual dapat terjadi apabila ada gangguan dari salah satu saja siklus respon seksual. Pada dasarnya disfungsi seksual dapat terjadi pada pria ataupun wanita. Penyebab disfungsi seksual sendiri dapat dibagi menjadi dua yaitu faktor fisik dan faktor psikis.

Penatalaksanaan Disfungsi Seksual

Penatalaksanaan Disfungsi Seksual

Penyebab Disfungsi Seksual

Disfungsi seksual adalah ketidakmampuan untuk menikmati secara penuh hubungan seks. Secara khsusus, disfungsi seksual adalah gangguan yang terjadi pada salah satu atau lebih keseluruhan siklus respons seksual yang normal. Disfungsi seksual terutama umum diantara orang-orang yang memiliki ansietas. Ansietas (kecemasan berlebihan) biasa jelas dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria dan anorgasmia pada wanita. Namun gangguan klinis didiagnosis seperti gangguan panik seiring menyebabkan penghindaran hubungan seksual.

Faktor fisik adalah yang dapat terjadi pada organ, bagian-bagian badan tertentu atau fisik secara umum. Bagian organ yang terganggu dapat menyebabkan disfungsi seksual dalam berbagai level.

Sedangkan faktor psikis atau psikososial adalah semua faktor kejiwaan yang terganggu dalam diri penderita. Misalnya stress, depresi, ansietas (kecemasan yang berlebihan) yang dapat menyebabkan disfungsi seksual. Pada orang yang masih muda, sebagian besar disfungsi seksual disebabkan faktor psikoseksual. Kondisi fisik terutama organ-organnya masih kuat dan normal sehingga jarang sekali menyebabkan terjadinya disfungsi seksual

Disfungsi seksual disebabkan oleh berbagai gangguan dan penyakit, baik fisik maupun mental. Penyakit fisik yang menyebabkan disfungsi seksual adalah diabetes mellitus (kencing manis), anemia, kurang gizi, penyakit kelamin, penyakit otak dan sumsum tulang, akibat operasi prostat pada pria, tumor atau kanker rahim pada wanita, menurunnya hormon (pada pria maupun wanita), akibat pembedahan indung telur, penggunaan narkoba, obat penenang, alkohol, dan rokok. Sedangkan penyakit mental yang menyebabkan disfungsi seksual adalah psikosis, schizoprenia, neurosis cemas, histerik, obsesif-kompulsif, depresif, fobia, gangguan kepribadian atau psiko-seksual, serta retardasi mental dan gangguan intelegensia.

Penatalaksanaan Disfungsi Seksual

Untuk mendiagnosa masalah disfungsi seksual sebagai salah satu bentuk Penatalaksanaan Disfungsi Seksual sangat tidak mudah. Masalahnya kadang para pasien tidak bisa atau tidak mau mengutarakan semuanya kepada dokter, perbedaan persepsi antara pasien dengan dokter, dengan apa yang diceritakan pasien ke dokter. Banyak pasien yang memerlukan konseling seksual dan terapi namun hanya sedikit yang peduli dengan hal ini.

Terapi atau Penatalaksanaan Disfungsi Seksual  pada kenayataannya tidak mudah dilakukan, sehingga perlu diagnosa holistik untuk mengetahui secara tepat etiologi dari disfungsi seksual yang terjadi sehingga dapat dilakukan penatalaksanaan yang tepat pula.

Banyak jenis dari disfungsi seksual bisa dikoreksi dengan perawatan atas masalah fisik dan psikologis. Strategi Penatalaksanaan Disfungsi Seksual alternatif lainnya, yakni:

  •  Memberikan edukasi. Terutama edukasi tentang anatomi tubuh manusia, fungsi seksual dan perubahan normal yang berkaitan dengan penuaan, seperti halnya perilaku dan respon seksual, bisa membantu wanita mengatasi rasa cemas atas fungsi dan performa seksual
  • Meningkatkan stimulasi. Bisa dilakukan dengan mengubah rutinitas kegiatan seksual.
  • Memberikan teknik pengalihan. Contohnya, musik, video, atau televisi yang dapat digunakan untuk meningkatkan rileksasi dan menghilangkan kecemasan.
  • Mendorong perilaku noncoitus. Stimulasi fisik yang tidak menyertakan sanggama, seperti pijat sensual, dapat digunakan untuk menaikkan kenyamanan dan komunikasi antarpasangan.
  • Meminimalisasi rasa nyeri. Posisi seksual yang membuat perempuat dapat mengontrol kedalaman penetrasi bisa membantu meredakan rasa nyeri. Penggunaan lubrikasi vagina juga dapat membantu mengurangi nyeri yang disebabkan oleh pergesekan. Mandi air hangat sebelum melakukan hubungan seksual membantu tubuh menjadi rileks.

Makanan Disfungsi Seksual

Beberapa jenis makanan dibawah ini merupakan makanan yang bisa membantu dalam mengatasi masalah disfungsi seksual baik bagi pria dan wanita. Misalnya adalah disfungsi ereksi, ejakulasi dini pada pria, kehilangan gairah seksual, frigiditas, dan masih banyak lagi. Beberapa jenis makanan tersebut adalah ;

  1. Kacang almond
    Kacang almond merupakan salah satu jenis stimulan alami yang dianggap bisa membantu dalam meningkatkan kesuburan wanita sejak zaman abad pertengahan. Hal ini juga dikatakan bahwa biasanya wanita akan merasa terangsang jika mencium bau almond yang sudah dimasak. Aroma dari almond ini bisa bekerja sebagai aroma afrodisiak untuk wanita. Kacang almond juga sangat mudah agar bisa dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari agar bisa lebih mudah dikonsumsi.
  2. Alpukat
    Buah alpukat yang dianggap bentuknya seperti alat kelamin pria, dan diangap sebagai salah satu jenis makanan yang sangat efektif sebagai makanan afrodisiak wanita. Selain itu juga buah alpukat merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk makanan afrodisiak pria.

Hal yang paling penting dilakukan adalah jangan stress. Stress merupakan salah satu penghambat dari kemampuan dalam hal seksualitas. Jadi sangat penting sekali dalam mengendalikan atau mengelola stress dengan baik. Masalah yang ada di kantor, dan sebaiknya masalah ini jangan dibawa kerumah. Luangkanlah sedikit waktu untuk bersantai dirumah atau Anda bisa juga menikmati waktu luang Anda dengan berekreasi dengan teman-teman Anda. Selain itu jga Anda bisa bercerita mengenai masalah yang sedang Anda alami dengan orang yang Anda percaya. Karena jika Anda cerita dengan orang yang salah malah akan membuat keadaan menjadi semakin parah.

Penatalaksanaan Disfungsi Seksual

 


=====================================

>>> Obat Kuat Pria Macavit Untuk Stamina Pria, Ereksi Keras dan Kesuburan Pria, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Disfungsi Seksual and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *